25 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Sukses Gemukkan Ratusan Sapi, Saatnya Rizki Berbagi

Rizki, Peternak Milenial Deli Serdang

Sinar Tani, Deli Serdang — Mengoptimalkan ilmu yang diperoleh dari pelatihan usaha ternak yang dijalankan Rizki terus berkembang. Dengan keuletanya, petani milenial asal Deli Serdang ini sukses memelihara ratusah ekor sapi dengan pendapatan ratusan juta.

Dunia perternakan memang bukan hal baru bagi Rizki yang lahir dan besar di keluarga peternak Deli Serdang. Ilmu beternak yang sudah dimiliki secara otodidak itu pun semakin bertambah dengan pelatihan yang diikutinya.

“Tahun 2017 saya dikirim Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang untuk mengikuti pelatihan ke BPTU HTP (Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak) Sumbawa, Kabupaten Bayuasin Sumatera Selatan,” ungkapnya.

Berbekal Ilmu yang didapat, Risky semakin percaya diri untuk mengembangkan usaha peternakan sapi pola penggemukan untuk kebutuhan sapi qurban.

Dengan memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR), pemuda yang tergabung dalam Kelompok Tani kaya Bersama ini mencoba untuk membesarkan peternakannya yang terletak di Desa Kelambir V Kebun, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara.

“Sehingga làngsung kerjasama dengan perbankan mengambil KUR  Rp 100 juta untuk mengembangkan usaha peternakan,” tegasnya,

Berjalan empat tahun, usaha peternakan yang menggunakan sistem kandang kereman/fattening (penggemukan) dan pengolahan pakan mandiri ini berhasil dengan memelihara 150 ekor sapi.

Bukan hanya itu, saaat ini Rizki juga mengembangkan usaha peternakan pemuliaan sapi/pembibitan untuk memenuhi kebutuhan sapi bakalan.

“Saat ini perkawinan masih secara alam dan rencana kedepan akan menggunakan insiminasi buatan (IB),” tambahnya.

Kesuksesan petani milenial berusia 30 tahun ini ternyata tidak ingin dinikmati sendiri, Rizki mencoba membaginya melalui kerjasama dengan Perguruan Tinggi serta SMK/SMA Muhammadiyah Medan untuk menempatkan mahasiswa dan siswa pratek kerja dikandangnya.

Rizki berpesan kepada rekan para generasi muda untuk tidak ragu dan takut terjun kedunia pertanian. Selain itu ia juga selalu membuka kandangnya untuk siapa saja yang ingin belajar peternakan.

Reporter ; Istansu

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini