5 Maret 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Ayo Bertani Menggema Di Puncak HUT Pemuda Tani Indonesia

Sinar Tani, Jakarta — Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) DPP Pemuda Tani Indonesia (PTI) melakukan berbagai rangkaian kegiatan dan ditutup oleh Pemuda Tani Expo 2022 yang diselenggarakan dua hari dengan tema “Transformasi Petani Indonesia” di Gandaria City Mall tanggal 25-26 November 2022.

Berbagai kegiatan digelar mulai dari CEO Talk hingga Talkshow Program Pertanian digelar dalam rangkaian Pemuda Tani Expo 2022.

Pada sekermpatan tersebut, Ketua Umum DPN HKTI, Fadli Zon yang hadir dalam Pemuda Tani Expo 2022 menekankan bahwa terkait tranformasi, Pemuda yang bergerak dalam bidang ini, perlu membuat roadmap serta menambahkan nilai yang tinggi sehingga dapat menarik generasi muda agar mau masuk ke dunia pertanian.

Sementara itu pada CEO Talk dan Talkshow Program Pertanian yang digelar di hari kedua. CEO Villa Tani, Fachreza Halim Talk menyampaikan masalah petani sangat banyak,

“BPS mencatat bahwa petani rata-rata berusia 45-50 tahun keatas, sudah kurang produktif. Selain dari umur, ada juga masalah sulitnya akses permodalan dan masalah lahan.” Kata Hakim

Sedangkan pada acara talkshow Program Pertanian yang digelar untuk memberikan wawasan kepada masyarakat luas Terkait dengan bantuan permodalan, lahan dan sebagainya dari Pemerintah.

Pemuda Tani Expo 2022 menampilkan pembicara dari berbagai istansi seperti program makmur oleh PT Pupuk Indonesia, Program KUR Pertanian oleh BNI dan Program YESS oleh BPPSDMP Kementan RI.

Sekretaris BPPSDMP Kementan RI, Siti Munifah menyampaikan bahwa mengubah pemikiran bahwa petani bukan hanya orang menengah kebawah, tapi petani adalah pengusaha-pengusaha yang sukses dan mempunyai hasil.

Sementara itu Ketua Dewan Penasehat DPP Pemuda Tani Indonesia, Fary Djemy Francis kembali meyampaikan yang sejak dahulu selalu di gaungkan Prabowo Subianto yaitu Ayo Bertani.

“Kami mendukung penuh Pemuda Tani Indonesia supaya dapat menarik khususnya anak-anak muda untuk masuk dunia pertanian dan saat ini Pemuda Tani Indonesia telah membantu fasilitas usaha pada generasi muda, mulai dari membantu fasilitas KUR, Teknik Budidaya modern, hingga pemasaran hasil pertanian karena Pemuda Tani Indonesia memiliki kerjasama dengan banyak perusahaan” Tutup Fary Djemy Francis

Kegiatan ini disponsori oleh Pupuk Indonesia Holding Company, Japfa, BNI, BRI, Bank Mandiri, Pertamina Gas Negara, Pupuk Kaltim, Arkara Energi, Pantau.com, dan BULOG

Reporter : Suroyo

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini