14 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

BPS Sinjai Gelar Apel Siaga Sensus Pertanian 2023

Sinar Tani, Sinjai — Sensus Pertanian 2023 dimulai serentak 1 Juni – 31 juli 2023.  Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai menggelar apel siaga sebagai simbol dimulainya Sensus Pertanian (ST) 2023 yang dipimpin langsung oleh Kepala BPS Sinjai Arif Miftahuddin.

Mengusung tema “Mencatat Pertanian Indonesia untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani”, Apel dilaksanakan di Halaman Kantor BPS Sinjai, jalan Persatuan Raya, Rabu (31/5) pagi.

Hadir dalam apel ini Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Dr. Mansyur, Kadis Peternakan dan Keswan H. Burhanuddin, Kadis Perikanan Syamsul Alam, Sekretaris Dinas TPHP Sinjai Waris, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Drh. Mappamancu serta Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sinjai Gasali.

Dalam sambutannya, Kepala BPS Sinjai Arif Miftahuddin menyampaikan bahwa apel siaga Sensus Pertanian ini merupakan momentum untuk membangkitkan kesadaran agar seluruh petugas memiliki komitmen yang kuat mensukseskan Sensus Pertanian 2023.

“Apel siaga ini dapat menjadi sarana untuk membangun semangat seluruh petugas dan jajaran BPS dalam mengumpulkan data pertanian Kabupaten Sinjai,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Sensus Pertanian ini merupakan kegiatan yang masif karena mencakup 7 subsektor pertanian. Tujuannya untuk memotret kondisi pertanian di Indonesia khususnya di Sinjai dan menjadi harapan baru untuk data pertanian di Indonesia.

Kegiatan ST 2023 ini serentak dilaksanakan di Indonesia mulai tanggal 1 Juni hingga 31 Juli 2023. Khusus di Kabupaten Sinjai sebanyak 280 petugas pencacah yang akan mengumpulkan data di lapangan.

Usai apel siaga, para petugas sensus diberikan kartu BPJS Ketenagakerjaan sebagai jaminan keselamatan selama menjalankan tugas pendataan.

Reporter : Suriady

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini