15 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Gubernur Sumsel dan Sumbar Dianugerahi Lencana Adibakti Tani dan Nelayan 2023

Gubernur Sumbar dan Sumsel menerima penghargaan Adibakti Tani Nelayan 2023 | Sumber Foto:Istimewa

Sinar Tani, Padang – Kesuksesan pembangunan pertanian, tentunya tak terlepas dari dukungan kepala daerah. Karena itu, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) memberikan penghargaan khusus berupa Lencana Emas untuk kepala daerah yang sukses memberikan prioritasnya pada pertanian.

Ketua Umum KTNA Nasional, Yadi Sofyan Noor memberikan penghargaan lencana emas kepada dua kepala daerah sentra pertanian pada Rembug Utama KTNA, Jumat (09/06) yang merupakan rangkaian PENAS XVI Sumatera Barat.

Kedua kepala daerah tersebut adalah Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru dan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah.

“Penghargaan ini bisa menjadi teladan bagi setiap warga negara Indonesia untuk turut bersama meningkatkan pembangunan pertanian secara luas,” sebut Yadi.

Yadi menambahkan, Penerima penghargaan ini sesuai dengan Surat Keputusan Nomor 2135/Sket/KTNA NASIONAL/VI/2023. Keputusan ini pun sesuai dengan ketetapan dari Rembug Madya yang telah ditetapkan sebelumnya.

Menanggapi penghargaan tersebut, Gubernur Herman Deru dengan tegas menyatakan ini bukan hanya sebuah penghargaan semata, tetapi menjadi api baru yang akan menyulut semangat para petani di Sumsel.

“Dalam kapasitas saya sebagai Kepala Daerah dan sebagai Wakil Pemerintah Pusat di daerah ini, tugas saya adalah menggalang sinergi yang harmonis antara semangat para petani dan program-program pemerintah baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota, maupun pusat. Tujuan utamanya adalah meningkatkan produksi,” ucap Herman Deru dengan penuh semangat.

Gubernur Herman Deru menjadikan penghargaan yang diterimanya sebagai cambuk inspirasi bagi petani di Sumsel. Dirinya juga melihat penghargaan ini sebagai titik awal yang membawa semangat baru untuk melampaui batasan dan meraih pencapaian yang lebih tinggi dalam sektor pertanian.

Tokoh KTNA

Menariknya, tak hanya dua Gubernur saja yang menerima lencana emas tersebut, tetapi juga beberapa tokoh KTNA senior yang telah mengabdi, mendampingi, memotivasi semangat dan tanggung jawab serta kemandirian sebagai pengurus kelompok dan anggota KTNA Nasional selama lebih dari 25 tahun (5 periode).

Baca Juga :   Penyuluh Terdampak Gempa, DPD Perhiptani Cianjur Gerak Cepat

Penerima Penghargaan Adibakti Tani dan Nelayan 2023

• Gubernur Sumatera Selatan : Herman Deru

• Gubernur Sumatera Barat : Mahyeldi Ansharullah

• Pelopor Petani Muda Sumatera Selatan : H. Ahmad Tayeb

Pengurus KTNA 25 Tahun

1. Haji Juhiya

2. Haji Muhammad Basyir

3. George J Umpel

4. Hj. Tati Abid Juwita Megawati Siregar

5. Henny Mapatangka

6. Haji Zakaria Afnan

7. Haji Rosihan Anwar

8. Sahruna Fauzi

9. Oktori Gazpers

Pendukung Penyelenggara PENAS XVI

1. PT DJARUM INDONESIA

2. PT SYGENTA INDONESIA

3. CROPLIFE INDONESIA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Reporter : Nattasya

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini