25 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

HUT Ke 55, YMPP Luncurkan Gerakan Aksi Sedekah

Sinar Tani, Jakarta — Yayasan Mujahidin Pegawai Pertanian (YMPP) menggelar perayaan puncak ulang tahun yang ke 55. Dalam kegiatan yang dilaksanakan di aula Masjid Palapa ini, YMPP meluncurkan program Gerakan Aksi Sedekah (GAS) dan penandatangannan kerjasama dengan Masyarakat Singkong Indonesia.

Dalam rangka ulang tahun yang ke-55, Yayasan Mujahidin Pegawai Pertanian (YMPP) menggelar berbagai kegiatan baik yang dilaksanakan oleh masing-masing unit pelaksana maupun dilaksanakan secara bersama.

Rangkaian pelaksananan perayaan ulang tahun ke 55 YMPP antara lain kegiatan bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis yang dilaksanan SMP Pelita Atsiri Citayam, pembagian paket sembako yang dilaksanakan SMP Assalaam yang terletak di Pasar Minggu.

Selain itu juga diadakan lomba azan untuk tingkat SD-SMP dan MTQ, yang bertujuan mendorong  anak-anak mencintai Alquran, melatih anak-anak membaca Alquran dengan tajwid yang benar dan suara yang merdu, serta mencari bakat-bakat yang ada di unit YMPP.

Diungkapkan Ketua Umum YMPP, Iskandar Ani Nuhung bahwa pada acara puncak perayaan ulang tahun YMPP ke 55, akan diadakan berbagai kegiatan diantaranya pemberian penghargaan kepada Pendiri YMPP, Mayor Jenderal TNI (Purn) Sutjipto, Tokoh Pendiri YMPP, Yulmunius Muadz, SH dan Tokoh Pembina YMPP, Prof. Dr. Ir. Sjarifuddin Baharsjah, M.Sc.

Selain itu, Iskandar mengatakan dalam acara puncak juga akan diluncurkan Gerakan Aksi Sedekah (GAS) juga penandatanganan Kerjasama antara YMPP dengan Masyarakat Singkong Indonesia.

“Yayasan ingin memperluas jangkauan dengan program itu. Karena Yayasan mempumai visi misi yang luar biasa yang harus kita pelihara dan harus pertahankan.” Tambahnya,

Dijelaskan Iskandar bahwa dalam program GAS ada 5 program aksi yaitu Gerakan Aksi Sedekah Singkong (GASS), Gerakan Aksi Sedekah Ilmu (GASIL), Gerakan Aksi Sedekah Umrah (GASUM), Gerakan Aksi Sambung Tali Asih (GASTA), dan Gerakan Aksi Solidaritas Musibah Umat (GASMU).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian Zulkifli mengatakan kepengurusan YMPP tidak boleh berhenti dan YMPP harus terus berdiri.

Baca Juga :   Masuki Musim Tanam, Siaga Fenomena Iklim

Zulkifli mengatakan bahwa tidak boleh suatu organisasi melupakan perubahan, dinamika teknoloi tidak boleh diabaikan dan YMPP harus bisa beradaptasi.

“Tidak ada pengelolaan organisasi tanpa penggunaan IT, kami siap membantu agar YMPP bisa terus berkembang dengan ilmu dan teknologi.” Ujarnya.

Sementara itu dalam sambutannya Ketua Pembina YMPP, Prof. Dr. Ir. Justika Baharsjah mengajak untuk melihat kedepan, dengan teknologi yang semakin berkembang cepat dan menciptakan berbagai perubahan.

“Siapa yang tidak ikut perubahan maka akan punah.” Tambahnya.

Karena itu Justika Baharsjah pentingnya pendidikan karakter kepada anak didik untuk menyiapkan mental agar bisa mengatasi setiap perubahan yang ada.

“Yang perlu mendapat perhatian dan pengembangan, yang pertama pengembangan iman, takwa nilai moral dan etika. Pendidikan karakter ini dimaksudkan untuk mempersipkan anak didik kita menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa kepada Allah, bertanggung jawab, memiliki integritas dan kehidupan sosial yang baik.” Jelasnya.

Ditambahkan Justika bahwa pedidikan karakter juga membantu peserta didik untuk memahami nilai-nilai moral yang baik seperti kejujuran, kerja keras, tanggung jawab, kerjasama dan rasa empati.

Untuk mengikuti perkembangan teknologi yang sangat cepat, Justika Baharsjah minta perhatian kepada bidang Pendidikan dan pelatihan YMPP untuk mempersiapkan dengan baik bagaimana menghadapi Kurikulum Merdeka Belajar yang sudah dicanangkan pemerintah.

Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan belajar.

“Merdeka belajar adalah pendekatan agar siswa dapat memilih pelajaran yang diminati dan ini dilakukan agar siswa dapat mengoptimalkan bakatnya dan dapat memberikan sumbangan yang paling baik dalam berkarir,” ujar Menteri Pertanian pada Kabinet Pembangunan VII ini.

Justika Baharsjah mengajak semua yang hadir untuk memaknai Ulang Tahun YMPP ke 55 sebagai evaluasi dan pembenahan kedepan kearah yang lebih baik.

 

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini