21 Februari 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Mentan SYL Belajar Main Angklung di BUN Expo 2022

SINAR TANI.CO.ID, Jakarta — Dalam rangkaian acara BUN Expo 2022, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Dirjen Perkebunan, Andi Nur Alam Syah dan tamu undangan diajak serta bermain angklung bersama Saung Angklung Mang Udjo.

Siapa yang tak kenal angklung? Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia, tepatnya berasal dari Jawa Barat.

Alat musik tradisional ini terbuat dari bambu. Di mana cara memainkannya dengan digoyangkan, sehingga menghasilkan nada.

Angklung pun resmi diakui UNESCO pada 2010. Angklung masuk dalam warisan budaya takbenda atau Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity.

Karenanya, dalam ajang BUN Expo 2022 kali ini, alat musik angklung dipilih Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian sebagai salah satu tampilan entertainment. Saung Mang Udjo yang telah terkenal mendunia pun menjadi pengisi acara yang menampilkan seni musik angklung ini.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Dirjen Perkebunan, Andi Nur Alam Syah dan tamu undangan diajak serta bermain angklung bersama.

Tamu undangan BUN Expo 2022 dilatih tangga nada terlebih dahulu oleh dirigen angklung dengan masing-masing angka yang ada di bawah angklung.

Setelah 2-3 kali latihan tangga nada dipimpin oleh dirigen angklung,nada ritmis lagu Bagimu Negeri pun mengalun di Ballroom BUN Expo 2022.

Para tamu undangan yang berasal dari seluruh Indonesia ini pun mengaku puas dengan belajar kilat bermain angklung. Bahkan beberapa diantaranya tampak membawa angklung yang dipakai untuk oleh oleh.

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini