14 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Penyuluh Terdampak Gempa, DPD Perhiptani Cianjur Gerak Cepat

Penyuluh terdampak gempa, DPP Perhiptani Cianjur menyalurkan bantuan | Sumber Foto:Istimewa

Sinar Tani, Cianjur — Gempa yang melanda Kabupaten Cianjur, Selasa (22/11) berdampak pada puluhan penyuluh di wilayah gempa. Dewan Pengurus Daerah Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (DPD Perhiptani) langsung bergerak cepat.¬†

“Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perhiptani Kabupaten Cianjur membentuk tim penggerak peduli bencana gempa bumi Cianjur, ” sebut Penyuluh Pertanian asal Kabupaten Cianjur yang menjadi Sekretaris DPP Perhiptani Kab Cianjur, Abdul Sidik kepada sinartani.co.id

Abdul Sidik menuturkan ada 27 orang penyuluh pertanian dan POPT yang terdampak gempa bumi terutama di wilayah kecamatan Cugenang. “Ada 2 BPP yaitu BPP Pacet dan Cugenang Rusak Berat dan 1 BPP rusak sedang yaitu di Warung Kondang karena kecamatan sekitar itu hanya rusak ringan, ” tambahnya.

Sebagai Ketua Tim Penggerak Peduli Bencana Cianjur, Abdul Sidik menjelaskan, tahap kritis selama 7 hari mendatang. Dalam tahap kritis ini, menjangkau petani dan memberikan bantuan.

Dalam memberikan bantuan, Abdul Sidik menuturkan Tim penggerak terdiri dari tiga gugus yakni Gugus penggalangan dana/barang logistik dan administrasi yang sampai jam ini sudah mencapai 89 juta lebih untuk dana. Kemudian, Gugus Keluar Masuk Logistik bertugas belanja dan packaging bantuan. Dan Gugus Delivery untuk mengirimkan bantuan menggunakan motor yang menjangkau tempat-tempat terpencil.”Bantuan yang diberikan berupa terpal/tenda, sembako, uang tunai, keperluan ibu dan anak, pakaian layak guna, dan lainnya, ” tuturnya.

Abdul Sidik menambahkan, fokus tim penggerak ada di Aula BPP Karangtengah. Para donatur mulai dari Papua sampai Sumatera, bahkan dari Pusluhtan Kementan, dan Mantan Sekjen Kementan RI sudah menyalurkan donasi via tim Penggerak DPD Perhiptani Kab. Cianjur.

“Pegawai dinas TPHPKP Kab Cianjur Distanhor Provinsi Jawa Barat, penyuluh pertanian, DPD Perhiptani Kab/kota dan BPP berbagai wilayah, masyarakat juga sudah banyak menyumbang,” tuturnya.

Bagi Anda yang ingin menyumbang langsung untuk penyuluh Pertanian bisa menghubungi kontak dibawah ini.

 

 

Reporter : Nattasya

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini