25 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Khasiat Alami Daun Sukun

Daun Sukun | Sumber Foto : Klik Dokter

Sinar Tani, Jakarta — Mungkin banyak tak menyangka, ternyata daun sukun punya khasiat alami mengobati berbagai macam penyakit kronis, seperti penyaki ginjal, jantung dan tekanan darah.

Kandungan dalam daun sukun seperti, karbohidrat, protein, lemak, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Selain itu dalam daun sukun juga terdapat kandungan mineral seperti kalsium, fosfor dan juga zat besi.

Daun sukun juga mengandung asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh manusia seperti histidine, isoleusin, lysine, methionin, tryptophan dan juga valin. Tidak hanya itu, daun sukun juga terdapat kandungan seperti, hidrosianat, asetilcolin, tannin dan riboflavin.

Beberapa khasiat dan manfaat daun sukun yang sangat baik untuk tubuh adalah menjaga kesehatan ginjal. Dengan rebusan air daun sukun dan meminumnya dengan teratur dapat menyembuhkan ginjal yang sakit.

Untuk mendapatkan khasiat daun sukun caranya, siapkan beberapa lembar daun sukun yang masih segar. Lalu cuci sampai bersih daun sukun, kemudian rebus. Setelah selesai minum air rebusan daun sukun tersebut dengan rutin dan teratur.

Khasiat lain daun sukun adalah mengobati penyakit jantung. Daun sukun sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah maupun jantung. Untuk mendapatkan manfaat daun sukun tersebut, ambil daun sukun yang sudah tua dan yang masih berada di pohon. Daun sukun yang sudah tua tersebut memiliki kadar kimia yang maksimal.

Selain itu, khasiat daun sukun juga dapat menjaga jantung dari kerusakan sistem kardiovaskuler. Khasiat daun sukun dalam hal ini melindungi jantung dari iskemia akut atau berkurangnya aliran darah yang masuk ke dalam jantung. Iskemia merupakan hal yang dapat menyebabkan penyakit gagal jantung.

Cara mengobati sakit jantung dengan menyediakan satu lembar daun sukun yang sudah tua namun yang masih berada di pohon. Cuci daun sukun tersebut sampai bersih, lalu jemur sampai kering. Rebus daun sukun dengan menggunakan air sebanyak 5 gelas. Tunggu sampai mendidih hingga airnya tinggal separuh. Lalu tambahkan kembali air hingga menjadi 5 gelas kembali. Kemudian, saring air rebusan daun sukun tersebut. Air tersebut siap diminum secara langsung.

Khasiat Lain

Manfaat lain daun sukun adalah menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah diabetes. Daun sukun yang telah berwarna kuning dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan juga menurunkan gula darah. Ini dilihat dari daun sukun memiliki kandungan phenol, quercetin dan juga champorol sebagai bahan ramuan.

Daun sukun juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Cara mendapatkan khasiat tersebut yaitu, sediakanlah segengggam daun sukun yang telah dikeringkan dan juga bangle yang diseduh dengan menggunakan air panas. Lakukan hal sama seperti ketika sedang membuat teh. Ramuan tersebut dapat diminum setiap hari.

Bagi yang suka mengalami inflamasi dan peradangan, daun sukun juga berkhasiat mencegah penyakit tersebut. Caranya, sediakan satu lembar daun sukun yang sudah tua, lalu cuci daun sukun tersebut sampai bersih. Kemudian rebus daun sukun dengan menggunakan lima gelas air. Setelah air mendidih dan juga air rebusan tersebut tersisa menjadi separuhnya, tambahkan kembali air. Saring air daun sukun tersebut dan siap untuk diminum langsung. Minum dengan rutin.

Daun sukun juga mampu meredakan asam urat. Untuk mendapatkan khasiat itu, cara membuat ramuannya hampir sama dengan cara membuat ramuan mengobati penyakit ginjal. Namun, dapat juga ditambahkan madu untuk mengurangi rasa pahit dalam ramuan daun sukun.

Khasiat lain dari daun sukun adalah mengobati penyakit bengkak limpa. Caranya, siapkan beberapa lembar daun sukun yang sudah tua, lalu remas daun sukun tersebut, kemudian kompreskan pada bagian yang sakit. Namun, perlu diingat cara ini khusus digunakan sebagai obat luar.

Demikian beberapa ramuan alami daun sukun.

Reporter : Echa/Yul/Berbagai Sumber

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini