21 Februari 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Dilepas Gubernur, Produk Andalan Sulsel Diekspor Ke 19 Negara

Sinar Tani, Makassar — Komoditas Andalan Sulawesi Selatan sukses menembus pasar ekspor. Hal tersebut di tunjukkan dengan pelepasan ekspor oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dengan total nilai US$ 61,68 juta atau setara dengan Rp 925,35 Miliar.

“Alhamdulillah, senilai US$ 61,68 juta atau setara dengan Rp 925,35 Miliar kita melepas Ekspor Komoditas Andalan Sulawesi Selatan. Diantaranya sudah ada bersertifikasi halal,” ungkap Andi Sudirman dalam Pekan Ekonomi Syariah 2023 Road To Fesyar KTI 2023 di Kawasan CPI, Makassar.

Sebanyak 36 komoditas dari 76 pelaku usaha di ekspor ke 19 Negara tujuan yaitu; Arab Saudi, Australia, Canada, China, France, Jerman, Hungaria, Italia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Belanda, Rusia, Spanyol, Taiwan, Thailand, Inggris, Amerika Serikat, dan Vietnam.

7 pelaku usaha diantaranya telah bersertifikasi halal. Meliputi 14 komoditas yaitu Biji Kopi, Carragenan, Mete Kupas, Cocoa Cake, Cocoa Liquor, Gurita, Ikan Olahan, Kemiri, Kulit Ari Mete, Minyak Mete, Seaweed Flour, Seaweed Granule, Udang Olahan, dan Udang Segar, dengan nilai ekspor sebesar US$ 18,81 juta atau setara dengan Rp 282,25 Miliar.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut dilakukan pula Penyerahan Sertifikat Halal kepada 36 Tenant di Lego-Lego. Serta penyerahan Sertifikat Karantina Ekspor ke Perwakilan Eksportir.

“Kita harap dengan ekspor produk andalan ini, dapat menggeliatkan sektor perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Reporter : Suriady

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini